Sabtu, 30 Juli 2011

PERAN MANUSIA DALAM BISNIS

Elemen manusia merupakan inti dari bisnis. Bisnis membutuhkan orang sebagai pemilik, manajer, pekerja, dan konsumen. Manusia diperlukan dalam bisnis untuk memproduksi barang dan jasa yang menciptakan pekerjaan. Bisnis mungkin beroperasi secara berbeda dan tujuan bisnis mungkin berbeda, namun elemen universal dalam semua aktivitas bisnis adalah manusia.
Pemilik adalah orang yang memiliki bisnis; yang menanamkan modal atau dan barangnya dalam bisnis tertentu dengan mengharapkan adanya pendapatan dalam bentuk keuntungan dari bisnis tersebut. Pemilik bisnis seringkali juga merangkap sebagai manajer dari bisnisnya. Dalam konteks ini kita kenal istilah wirausaha (enterpreneur), yang merupakan orang mengambil risiko dengan mengorganisir dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan dalam bentuk uang atau dalam bentuk lainnya.
Manajer merupakan orang yang menjalankan bisnis dan bertanggung jawab terhadap pemilik/perusahaan. Tipe manajer yang banyak dicari pemilik adalah yang mempunyai kemampuan/kemauan untuk menghasilkan keuntungan, menumbuhkan perusahaan, mempertahankan hidup perusahaan dan memiliki tanggung jawab.
Pekerja menawarkan ketrampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk menyediakan barang dan jasa serta untuk menghasilakn keuntungan. Dari ketrampilan dan kemampuan yang diberikannya, para pekerja mengharapkan menerima upah atau gaji yang berangsur-angsur meningkat jumlahnya. Perhatian bisnis terhadap pekerja merupakan tanggung jawab sosial dari perusahaan bisnis.
Konsumen adalah seseorang atau suatu perusahaan yang membeli barang atau jasa untuk digunakan secara pribadi dan organisasi. Konsumen selalu menginginkan produk dan jasa yang terbaik, membeli produk yang sesuai dengan harga yang harus dibayarnya, dan menginginkan produk yang dibelinya dapat diandalkan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda